Kamis, 19 Agustus 2010

List Kegiatan Semester Baru

Memasuki semester ketiga, kehidupan kampus terasa lebih ramah dari sebelumnya. Sekarang aku sudah berani mengambil langkah-langkah besar dalam keseharianku. Meskipun belum tahu seberapa mampu aku menjalaninya, aku ingin mencoba karena hanya lewat itu aku tahu seberapa besar kemampuanku.

Berpikir sekilas, ini terlihat berlebihan. 24 jam dalam sehari seperti mustahil untuk menjalani ini semua. Tapi tekadku man jadda wa jadda. Aku harus berjuang lebih keras bila aku ingin segera mendapati cita-citaku.

Oke, mulai dari list teratas aku punya 23 SKS dalam 10 mata kuliah yang harus aku jabani selama 1 semester ini. Harapanku nilai untuk 23 SKS ini tidak menurun dari semester lalu, setidaknya masih di kisaran 3,5. Semoga. Dalam 23 SKS ini termuat 18 SKS teori dan 5 SKS praktikum, terbagi dalam 5 hari kerja, senin hingga jumat. 18 SKS teori ini disusun dari 9 mata kuliah, jadi dalam 5 hari itu aku harus bisa menyediakan 18 jam untuk 9 mata kuliah TANPA BENTROK.

Senin : MK Perencanaan Percobaan pukul 11.00-13.00
Selasa : MK Bkiokimia pukul 09.00-11.00
Rabu : MK Manajemen Usaha Pertanian pukul 07.00-09.00
MK Dasar-Dasar Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian pukul 09.00-11.00
Kamis : MK Bahasa Inggris pukul 07.00-09.00
MK Dasar-Dasar Genetika pukul 09.00-11.00
MK Klimatologi Dasar pukul 11.00-13.00
Jumat : MK Dasar-Dasar Perlindungan Tanaman pukul 07.00-09.00
MK Metodologi Penelitian pukul 09.00-11.00
List kuliah teori cukup. Dari sini aku menyimpulakn untuk menyediakan istirahat ekstra di hari rabu untuk prepare di hari kamis. By the way, kita lihat dulu kemungkinan itu ada atau tidak.

Lanjut ke list praktikum,
Senin : MKP Perancangan Percobaan pukul 07.30-10.30
Selasa : MKP Dasar-Dasar Genetika pukul 13.30-16.30
Rabu : -
Kamis : MKP Biokimia (paruh semester I)pukul 13.30-16.30
MKP Dasar-Dasar Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (paruh semester II)pukul 13.30-16.30
Jumat : MKP Klimatologi Dasar pukul 13.30-16.30

Dari list di atas, disetiap hari aku punya waktu :
Senin : pukul 00.00-07.00 dialokasikan untuk istirahat.
pukul 13.00-19.00 dialokasikan untuk bekerja di Disc House.
pukul 19.00-24.00 dialokasikan untuk istirahat.
Selasa : pukul 00.00-08.00 dialokasikan untuk bekerja di warnet.
pukul 18.00-24.00 dialokasikan untuk bekerja di disc house.
Rabu : pukul 00.00-06.00 dialokasikan untuk istirahat.
pukul 16.00-24.00 dialokasikan untuk bekerja di warnet.
Kamis : pukul 00.00-06.00 dialokasikan untuk istirahat.
pukul 18.00-24.00 dialokasikan untuk bekerja di disc house.
Jumat : pukul 00.00-06.00 dialokasiakn untuk istirahat.
pukul 18.00-24 dialokasikan untuk bekerja di disc house.

Hmm, lima hari gila-gilaan. Aku belum tahu apakah aku mampu melewati itu semua, tapi tidak ada salahnya dicoba. Man jadda wa jadda.

Tuhan, berikan aku kekuatan...

Itu model jadwalku untuk semester tiga ini. Masih memungkinkan adanya perubahan, tergantung dari kondisi fisikku dan situasi lingkungan nantinya.
Sepertinya memang mustahil, tapi aku membutuhkan itu sekarang, aku harus berbuat lebih, berusaha lebih keras agar citaku segera tercapai.

Waktu untuk mengerjakan tugas bisa ku-"korup"-kan dari jam kerja di warnet. Untungnya bekerja di warnet, aku hanya perlu duduk manis di depan layar komputer dengan bonus free browsing sepuasnya. jadi untuk segala macam tugas yang membutuhkan referensi, insyaallah, ini sangat membantuku mengurangi biaya browsing.

Semoga aku tidak melalkuakan kesalahan fatal dalam me3ngatur kegiatanku untuk satu semester ini. Kesalahan mungkin ada, aku yakin. Tapi semoga itu bukanlah kesalahan yang fatal.

Dari 2 hari non-kerja yaitu sabtu dan minggu aku alokasiakn sepenuhnya untuk bekerja dan istirahat dengan rincian :
Sabtu-Minggu : pukul 00.00-08.00 untuk istirahat.
pukul 08.00-16.00 untuk bekerja di warnet.
pukul 18.00-24.00 untuk bekerja di disc house.

Yah, sekiranya begitulah hari-hariku nantinya. Hanya berkisar di kost untuk sekedar istirahat, di warnet dan di disc house.

Aku tidak mau membatasi hari terdiri dari 24 jam. Aku berpikr waktu itu seperti roll film yang tidak ada putusnya. Jadi batrasan itu terserah kita dimana kita memutuskan untuk memotongnya. Semoga ini bukan sesuatu yang berlebihan. Kritik dan saran ditunggu untuk kebaikan.

^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar